12 Destinasi Tempat Wisata Yang Terkenal di Indonesia

  • Whatsapp
12 Destinasi Tempat Wisata Yang Terkenal di Indonesia

Destinasi wisata di Indonesia selalu menggugah untuk dikunjungi. Dari Sabang sampai Merauke, terbentang berbagai potensi kekayaan pariwisata nusantara.

Beragamnya pilihan tentu merupakan hal yang patut disyukuri sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Namun, dibalik keunggulan tersebut, wisatawan domestik kerap mengalami kebingungan untuk menentukan target tujuan wisata berikutnya.

Bacaan Lainnya

daftar bandar judi terpercaya

Eitss… Tidak perlu cemas juga karena sulit memutuskan pilihan destinasi liburan. Sebab, kami akan membantu kamu memilih daerah wisata Indonesia yang populer dan layak untuk dikunjungi. Nih, sila di-scroll untuk daftar lengkapnya, ya!

1. Ubud Bali

Ubud Bali

Lupakan sejenak pantai-pantai di Pulau Dewata. Saatnya menemukan kesederhanaan hidup di tengah pedesaan yang sarat dengan nilai seni dan budaya Hindu Bali. Ya, Ubud adalah tempatnya.

Ketenaran Ubud bahkan dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting utama film Eat, Pray, and Love. Adapun destinasi wisata yang harus kunjungi di sini adalah Tegalalang Rice Field, Bukit Campuhan, Pura Taman Saraswati, Goa Gajah, Pasar Seni Ubud, Museum Arma.

Berlibur di bulan Oktober, kamu bisa hadir di Ubud Writers and Readers Festival yang mempertemukan pencinta literasi dari berbagai penjuru dunia.

2. Nias, Sumatera Utara

Pulau nias
Credit Image : @denusatravel on Instagram

Destinasi ini berada di sebuah pulau kecil di sebelah barat daratan Provinsi Sumatera Utara. Pulau Nias memiliki beragam objek wisata yang tidak boleh dilewatkan pada tahun ini. Mulai dari pantai eksotis, danau memesona, hingga desa adat dengan budaya memikat tersedia di pulau ini.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa berkunjung ke Pantai Sorake, Desa Bawamataluo (pengawas UNBK), Pantai Gawu Soyo, Pantai Tureloto, dan Kepulauan Hinako. Semua destinasi tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, pastikan fitur objek wisata tersebut sesuai dengan keinginan.

3. Bukittinggi, Sumatera Barat

jam gadang bukit tinggi
NOVA BARUS [CC BY-SA 4.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)]

Seusai berlibur di Pulau Nias, kamu bisa melanjutkan wisata di Bukittinggi. Daerah ini merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat dengan diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Berada di ketinggian lebih dari 900 mdpl, Bukittinggi memiliki suasana yang sejuk dan tenang untuk liburan. Beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Bukittinggi adalah Jam Gadang, Istana dan Museum Bung Hatta, Janjang Ampek Puluah, Lobang Jepang, Ngarai Sianok, serta Benteng Fort de Kock.

4. Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta
Credit Image : @shelincristiani’s on instagram

Jogja selalu punya spot istimewa untuk dikunjungi. Salah satunya ialah Kabupaten Sleman dengan sederet candi kuno yang klasik sekaligus mengagumkan. Saat berlibur ke Jogja, sempatkan waktu untuk menjelajahi Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Nusantara.

Kemudian, melanjutkan perjalanan ke Candi Ijo yang berada di bukit tertinggi se-Jogja. Sebelum mengakhiri hari, pemandangan pelataran senja bisa kamu nikmati di Candi Ratu Boko. Selain puas menikmati pesonanya, pengalaman berkeliling candi ini pastinya ikut menambah pengetahuan terkait keberagamaan di Indonesia.

5. Gunung Ijen, Jawa Timur

kawah Gunung Ijen
Photo by Marc Szeglat on Unsplash

Dilabeli sebagai negara cincin api, beberapa wilayah di Indonesia memiliki gunung api yang aktif maupun tidak aktif. Banyak di antara gunung api tersebut justru menjadi spot berlibur, seperti Gunung Ijen di ujung timur pulau Jawa. Gunung ini memiliki kekhasan yang sulit ditemukan di tempat lain. Perjuangan untuk mendaki gunung aktif dengan menantang gas belerang akan terbayar tuntas dengan fenomena api biru dan keindahan kawah berwarna hijau toska. Sudah siap dengan liburan menantang ini?

6. Pulau Tiga Gili, Nusa Tenggara Barat

Gili Nusa Tenggara Barat
Photo by Kym Ellis on Unsplash

Meskipun baru saja terkena dampak gempa Lombok, potensi pariwisata pulau ini tak meredup. Terdiri dari tiga pulau, setiap pulau memiliki karakteristiknya masing-masing.

Gili Trawangan merupakan pulau terdekat dan memiliki infrastruktur terlengkap. Sementara itu, Gili Meno adalah pulau terbaik untuk melarikan diri dari keramaian karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Terakhir, Gili Air dikenal memiliki bar pantai dengan beragam pilihan makanan, minuman, dan olahraga air.

Tapi, semua pulau tersebut punya satu kesamaan, yaitu memiliki pantai pasir putih, air laut sebening kristal dengan terumbu karang dan ikan berwarna cerah, sehingga menjadikannya tempat terbaik untuk snorkeling.

7. Wae Rebo, NTT

wae rebo indonesia
Credit Image : @backpackertampan on Instagram

Desa Wae Rebo merupakan situs warisan dunia yang berada di ketinggian 1.200 mdpl, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kampung di atas awan ini hanya memiliki 7 rumah utama. Saat tiba di atas puncak, pengunjung akan terkesima dengan kabut tipis di sela-sela hijaunya pemandangan. Berkunjung pada bulan November juga direkomendasikan, karena biasanya dilaksanakan upacara adat Penti. Ritual tersebut merupakan ungkapan syukur atas panen yang diterima sepanjang tahun.

8. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Kalau ingin berkunjung ke konservasi orangutan terbesar di dunia, Taman Nasional Tanjung Puting bukan pilihan yang keliru. Kamu bisa terlibat untuk memberi makan spesies ini di sejumlah camp.

Selain itu, belajar tentang orang utan juga bisa dilakukan di pusat informasi Camp Leakey. Selain orang utan, taman nasional ini juga rumah bagi 230 spesies burung, kupu-kupu, buaya, ular, dan hewan yang terancam punah, seperti ikan arwana.

9. Derawan Kalimantan Timur

Image by joakant from Pixabay

Tidak berlebihan kalau menyebut Kepulauan Derawan sebagai surga destinasi liburan di daerah tropis. Beragam aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan saat berada di Derawan. Mulai dari diving di taman laut Derawan, berenang bersama ribuan ubur-ubur di Danau Kakaban, snorkeling di laguna tersembunyi Kehe Daing, menjelajahi Goa Haji Mangku, hingga terlibat konservasi penyu di Pulau Sangalaki.

10. Toraja (Sulawesi Selatan)

toraja
Tongkonan traditional rice barns in Kete Kesu village. Tana Toraja, Sulawesi. Indonesia

Kawasan ini mampu menghipnotis pengunjungnya dengan pemandangan alam indah dan budaya yang unik dan magis. Kalau ingin menikmati suasana alam Toraja yang dingin dan jauh dari hiruk pikuk, maka berkemah di Lolai negeri di atas awan adalah pilihan tepat. Soal budaya, Tana Toraja menjadi destinasi populer karena perayaan kematiannya yang sakral sekaligus megah. Kete Kesu adalah spot wajib untuk dikunjungi dengan kompleks tongkonan (rumah adat Toraja) dan gua yang menjadi makam bagi leluhur Toraja.

11. Taman Laut Banda, Maluku

Maluku
Image by f474rchyd from Pixabay

Taman laut ini merupakan kawasan warisan dunia sebagai surga bawah laut di Indonesia. Menyelam di Taman Laut Banda akan sangat memuaskan karena dapat menyaksikan sekira 310 jenis terumbu karang dan 871 spesies ikan. Bisa-bisa kamu sampai lupa daratan karena terlanjur senang menjelajahi bawah laut Kepulauan Banda, ya!

12. Danau Sentani Papua

danau sentani papua
Credit Image : @opickosaurus on Instagram

Liburan ke Danau Sentani pastinya merupakan pilihan yang tak akan mengecewakan. Danau ini menawarkan kesan eksotis dan kaya akan biota ikan air tawar. Selain menikmati pemandangan dari tepi danau, pengunjung juga bisa berenang, memancing, menyelam, berski air, dan berwisata kuliner. Liburan dengan paket komplit, deh!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *