5 Penyebab Tangan Kesemutan Yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

  • Whatsapp
tangan kesemutan

Penyebab tangan kesemutan menjadi suatu hal yang sebenarnya tidak boleh Anda sepelekan. Pasalnya tangan kerapkali merasa kesemutan bisa menjadi tanda suatu gangguan kesehatan yang serius. Tangan kesemutan memang sangat terlihat sepele, namun tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa menandakan adanya gangguan kerusakan saraf.

Selain itu, tangan kesemutan juga bisa terjadi lantaran penyebab lain seperti efek samping pada pengobatan tertentu atau mungkin karena cedera. Kondisi tangan yang sering kesemutan ini biasanya dirasakan oleh beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Tangan kesemutan yang terjadi secara berkala dan berkelanjutan disebut paresthesia jari dalam dunia medis, biasanya ini didasari akibat gangguan pembuluh darah ataupun sarah pada bagian tubuh. Maka dari itu, Anda perlu memahami beberapa penyebab terjadinya kesemutan pada tangan guna mengetahui proses penyembuhannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 penyebab tangan kesemutan.

Kerusakan Saraf

Penyebab tangan sering kesemutan yang pertama adalah bisa menjadi pertanda adanya kerusakan saraf. Hal tersebut bisa terjadi karena diakibatkan beberapa faktor seperti cedera infeksi atau penggunaan tangan secara berlebihan. Kesemutan pada tangan yang terjadi hingga jangka panjang dapat disebabkan karena kerusakan saraf yang bukan hanya terletak di tangan.

Rusaknya sistem saraf dapat mengakibatkan area saraf tersebut mengalami kesemutan. Beberapa penyakit yang berpotensi membuat tangan sering kesemutan adalah multiple sclerosis, stroke hingga tumor otak. Kondisinya memang dapat terjadi dengan serius, akan tetapi kasus masih jarang terjadi.

Kekurangan Vitamin

Sering kesemutan juga dapat menjadi bahwa tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin. Vitamin B adalah vitamin yang sangat penting dalam bertugas menjaga sistem saraf yang ada di dalam tubuh. Oleh karenanya, apabila seseorang kekurangan vitamin ini akan mengalami beberapa gangguan, kesemutan adalah salah satunya.

Jika gangguan kesemutan ini didapati pada kedua tangan, maka hal ini disebabkan karena tubuh yang kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin B12 juga akan mampu membuat Anda menjadi tidak bersemangat, letih, lesu, lelah serta anemia.

CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau biasa dikenal dengan sebutan sindrom terowongan kapal juga menjadi penyebab tangan sering kesemutan selanjutnya. Hal ini merupakan kondisi kerusakan saraf akibat terjepitnya saraf di bagian pergelangan tangan. Terlalu lama menggunakan tangan dengan posisi yang sama mampu menjadi akibat tangan kesemutan.

Kondisi ini akan menyebabkan tangan Anda mengalami kesemutan, mati rasa hingga nyeri. CTS ini memiliki tanda lain seperti tangan kesemutan yang terjadi terutama di malam hari. Pergelangan tangan akan menjadi sakit, koordinasi tangan yang terganggu serta tidak memiliki kekuatan dalam menggenggam barang.

Hal tersebut bisa terjadi karena pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus. Biasanya seseorang yang memiliki risiko terkena gangguan ini adalah mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan seperti menulis, mengetik ataupun mengepak barang.

Diabetes

Penyebab tangan kesemutan selanjutnya adalah diabetes. Kondisi ini mampu menyerang seseorang lantaran kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes sangat tinggi sehingga mampu menjadi toksin yang dapat menyebabkan Anda mengalami kesemutan di bagian tangan hingga kaki.

Selain itu, penderita diabetes juga akan memiliki risiko terserang gejala lain yakni seperti kebas dan kram.

Rheumatoid Arthritis

Penyebab tangan kesemutan lainnya adalah Rheumatoid Arthritis. Biasanya, sensasi tangan yang kesemutan ini akan lebih terasa pada saat malam hari.

Selain tangan kesemutan, gejala lain yang timbul dari Rheumatoid Arthritis di tangan adalah sendi tangan serta jari-jari yang menjadi hangat. Bentuk sendi yang nampak cacat disertai dengan nyeri atau kekakuan ketika bangun tidur yang bahkan mampu terjadi selama satu jam lebih.

Kebiasaan yang Mampu Menyebabkan Tangan Kesemutan

Bukan hanya masalah atau gangguan kesehatan yang dapat mengyebabkan tangan kesemutan, beberapa kegiatan dan kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari juga dapat menjadi salah satu faktornya. Tangan kesemutan ini dapat terjadi kapan saja, misalnya dengan Anda terlalu sering melakukan gerakan berulang seperti menulis, mengetik, mengangkat barang, memotong atau lainnya akan mampu memicu kondisi kesemutan pada tangan Anda.

Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol juga mampu menjadi penyebab kesemutan. Hal tersebut karena alkohol yang masuk ke dalam tubuh dan dikonsumsi terlalu sering akan mengganggu saraf otonom yang mengatur fungsi tubuh. Perlu diketahui bahwa kegiatan tak sehat seperti merokok juga mampu menjadi penyebab kesemutan, karena sirkulasi darah kaya oksigen dalam tubuh akan terganggu akibat asap rokok dan mampu menimbulkan sensasi nyeri pada tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *