8 Jenis Makanan Yang Dapat Dikonsumsi Penderita Diabetes

  • Whatsapp

Menu makanan untuk penderita diabetes memang perlu menjadi perhatian. Sebab apabila mengonsumsi makanan sembarangan, mampu meningkatkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis ini menjadi lebih parah bahkan hingga terjadi komplikasi.

Untuk menjaga agar kadar gula dalam darah tetap normal pada penderita diabetes, maka perlu dilakukan pemilihan beberapa menu makanan. Bagi Anda penderita penyakit diabetes, selalu memperhatikan kandungan gula dalam makanan dan membatasi beberapa makanan menjadi sangat penting. Adanya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes mampu menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan mulai dari pusing, kerap merasa lelah, kerusakan saraf, masalah pada mata, gagal ginjal, penyakit jantung, mudah terkena infeksi dan luka hingga koma.

Nah guna mencegah risiko berbagai gangguan kesehatan akibat tingkatan gula darah, memahami beberapa menu makanan yang sehat perlu untuk diketahui. Berikut adalah menu makanan untuk penderita diabetes yang berhasil dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber.

Nasi Merah

Nasi putih diketahui menjadi makanan pokok di negara Indonesia. Banyak orang memilih nasi putih guna memenuhi asupan kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Akan tetapi, bagi penderita diabetes ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

nasi merah

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Nixx Photography

Hal tersebut lantaran nasi putih memiliki kandungan gula cukup tinggi. Maka bagi seseorang dengan penyakit diabetes, dianjurkan untuk menjadikan nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah bahkan menjadi makanan wajib bagi para penderita diabetes.

Brokoli

Menu makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang dapat dijadikan pilihan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung senyawa sulforaphane.

Ilustrasi brokoli
Ilustrasi brokoli

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Senyawa ini diketahui dapat melindungi serta memperbaiki dinding pembuluh darah kardiovaskular yang rusak lantaran penyakit diabetes. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi brokoli, bisa dengan menjadikannya sebagai olahan lalapan atau makanan yang sesuai dengan anjuran dari dokter.

Oatmeal

Oatmeal menjadi menu makanan untuk penderita diabetes berikutnya. Oatmeal adalah salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat di dalam tubuh penderita diabetes.

Oatmeal

©Shutterstock

Untuk memperkaya cita rasanya, Anda dapat menambahkan bahan sehat lainnya seperti buah-buahan segar seperti blueberry, strawberry dan juga pisang. Namun, tetap perlu diperhatikan agar tidak menambahkan gula pada menu makanan ini.

Bayam

Sayuran hijau selanjutnya yang dapat dijadikan menu makanan untuk penderita diabetes adalah bayam. Bayam merupakan sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

bayam

©Shutterstock.com/ Maria Komar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayur bayam memiliki kandungan nutrisi bernama lutein yang baik bagi penderita diabetes atau kencing manis, terutama di bagian mata. Anda dapat mengolahnya menjadi menu makanan sayur bening atau sekedar merebusnya untuk dijadikan lalapan.

Tomat

Menu makanan untuk penderita diabetes lainnya adalah tomat. Diketahui, buah yang terkadang juga disebut sayur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, khususnya bagi Anda yang menderita penyakit diabetes.

Ilustrasi buah dan sayuran merah
Ilustrasi buah dan sayuran merah

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Kandungan likopen dan lutein yang ada di dalam tomat sangat berguna untuk melindungi ginjal serta pembuluh darah akibat diabetes. Dengan mengonsumsi segelas jus tomat secara rutin setiap harinya juga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah yang diakibatkan oleh diabetes.

Ikan Laut

Makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes selanjutnya adalah ikan laut. Perlu diketahui, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi ikan laut dengan selalu memperhatikan bagaimana cara pengolahannya.

ilustrasi ikan tuna
ilustrasi ikan tuna

© food.com

Sama seperti halnya daging, ikan laut tidak boleh digoreng namun cukup dipanggang atau dibara. Hal yang menjadi penting, penderita diabetes juga harus pandai dalam memilih ikan. Sangat disarankan untuk memilih ikan dengan kandungan omega-3 seperti salmon, tuna dan sarden dan hindari ikan mengandung kadar merkuri tinggi seperti tongkol.

Daging Tanpa Lemak

Kemudian, daging tanpa lemak juga dapat menjadi menu makanan untuk penderita diabetes berikutnya. Penderita diabetes tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi daging, namun perlu diperhatikan bahwa Anda perlu menghilangkan bagian bagian yang mengandung lemak dan jangan pernah menggorengnya dengan menggunakan minyak.

daging tanpa lemak

©Shutterstock

Daging tanpa lemak ini akan menjadi makanan yang lebih sehat apabila diolah dengan cara direbus, dibakar ataupun dipanggang.

Dark Chocolate

Bagi Anda penderita diabetes dan ingin menikmati kelezatan cokelat sebenarnya tak perlu khawatir, karena masih tetap dapat mengonsumsinya guna menciptakan mood. Namun, jenis cokelat yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan.

dark chocolate
Ilustrasi dark chocolate

©2017 lifehealthbar.com

Salah satu jenis cokelat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes menurut penelitian adalah dark chocolate karena memiliki banyak manfaat. Berbagai manfaat diantaranya adalah mampu mempercepat pengolahan glukosa darah, mengurangi nafsu makan berlebihan hingga mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *