Punya Kucing Yang Suka Merusak Barang Dirumah ?, Ini Alasannya

  • Whatsapp

Bagi orang yang memiliki peliharaan di rumah pastinya sudah tidak asing lagi jika melihat beberapa barang di rumah menjadi rusak karena binatang peliharaan, khususnya bagi yang memelihara kucing.

Namun, dilansir dari CNN, kucing yang melakukan hal-hal nakal bukanlah tanpa sebab, melainkan ia sedang merindukan pemiliknya. Hal ini disebabkan karena kucing merasa cemas karena ditinggal pergi atau diabaikan oleh pemiliknya.

Penelitian dari Federal University of Juiz de Fora, Brazil ini merupakan studi pertama yang menganalisis hubungan perilaku kucing saat berpisah dengan pemiliknya.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 223 kucing dari 130 pemilik. Hasilnya menemukan bahwa kucing yang berpisah dari pemiliknya mengalami stress dilihat dari perilakunya yang cenderung nakal.

“Banyak orang percaya bahwa kucing peliharaan tak bisa menjalin hubungan dengan pemiliknya. Tapi, studi kami menunjukkan bahwa hewan-hewan ini mungkin menderita ketika dipisahkan dari sosok yang dekat dengan mereka”, kata peneliti Profesor Zoologi Aline Cristina Sant’Anna, dikutip dari CNN.

Studi ini juga menemukan bahwa kucing kerap mencakar-cakar benda dan buang air di sembarang tempat ketika ditinggal oleh pemiliknya. Seorang konsultan perilaku kucing bernama Ingrid Johnson menyarankan untuk menyediakan mainan ketika akan meninggalkan kucing agar tidak mudah bosan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *