Wisata Air Suci Tirta Gangga, Tempat Wisata Peninggalan Kerajaan Karangasem

  • Whatsapp
Wisata Air Suci Tirta Gangga, Tempat Wisata Peninggalan Kerajaan Karangasem

Tirta Gangga – Pulau Dewata selalu menyajikan daya tarik wisata yang tak ada habis-habisnya. Di antaranya berada di kawasan Karangasem, terdapat atraksi wisata menarik untuk dikunjungi.  Destinasi wisata tersebut adalah taman berkonsep istana air dengan suasana anggun dan jernih, Tirta Gangga. Kejernihan air di Tirta Gangga bahkan dapat memantulkan sinaran mentari yang menerangi tanah Bali.

Makin penasaran dengan pesona lain di Tirta Gangga? Berikut ini Tim Redaksi Tripcetera akan mengulas fakta unik dan hal-hal penting yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Tirta Gangga di Kabupaten Karangasem  Bali.

Bacaan Lainnya

daftar bandar judi terpercaya

1. Bekas Istana Karangasem

istana karang asem bali
Credit Image : @ivonnechandra1

Seperti halnya Taman Sari yang merupakan properti Kesultanan Yogyakarta, Tirta Gangga adalah milik Kerajaan Karangasem. Dulunya kawasan ini menjadi istana raja di wilayah Bali bagian timur. Makanya tak mengherankan kalau pengunjung akan menjumpai taman indah yang dilengkapi dengan pemandangan alam menawan dan bangunan menakjubkan.

Taman Tirta Gangga telah berdiri sejak 1948 dan sengaja difungsikan sebagai istana air oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

2. Air Suci dari Sungai Gangga

Jika ditinjau dari segi bahasa, kata tirta berarti air. Sedangkan kata Gangga berasal dari sungai suci Gangga di India yang menjadi peradaban Hindu. Karena itu, dapat disimpulkan kalau Tirta Gangga adalah mata air suci dari Sungai Gangga. Penamaan tersebut memang tak terlepas dari wujud penghormatan bagi masyarakat Hindu kepada Tuhan di dalam kitab suci maupun duniawi.

3. Keunikan Tiga Unsur Tirta Gangga

kolam air tirta gangga bali
Credit Image : @luciebrz on Instagram

Taman Air Tirta Gangga di Karangasem Bali tersusun atas tiga unsur, yaitu kebun, kolam air, dan patung. Ketiga perpaduan tersebut memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi pengunjung destinasi wisata religi dan sejarah ini. Air di Tirta Gangga berasal dari mata air Rejasa yang memiliki karakteristik jernih dan sangat bersih. Makanya tak heran kalau sepertiga air Tirta Gangga juga dipasok ke rumah penduduk sekitar di kawasan Amlapura. Sedangkan dua pertiga menjadi pasokan air untuk kolam-kolam di Tirta Gangga.

4. Spot Kolam Ikan dan Kolam Renang

kolam ikan tirta gangga
Credit Image : @soniamirandateles on Instagram

Terdapat dua jenis kolam di Tirta Gangga, yaitu kolam ikan dan kolam renang bagi wisatawan. Kedua kolam tersebut ditopang oleh tingkatan bangunan tertinggi berupa mata air yang tepat berada di bawah pohon beringin. Sementara itu, kolam renang berada di tingkatan kedua dan kolam ikan dengan air mancur menawan terletak pada tingkatan ketiga.

Bagi yang ingin berenang, pastinya akan menjadi pengalaman seru saat mandi dengan air suci Tirta Gangga. Fasilitas kolam renang di spot ini adalah Kolam Air Senin. Selain airnya tampak begitu jernih, kamu pun dapat menikmati pemandangan mempesona dan udara segar khas Karangasem.

Tak hanya itu, air mancur yang berada di tengah-tengah juga menjadi salah satu spot yang tak boleh dilewatkan. Dua kolam kecil yang mengapit sisi kolam besar tampak begitu menarik dengan patung dewa dan dewi Hindu menjadi penghiasnya. Air mancur dengan 11 tingkat bernama Nawa Sanga dan kolam ikan merupakan daya tarik Tirta Gangga yang bikin liburan semakin terkenang.

5. Spot Foto

spot foto tirta gangga bali
Credit Image : @173.7y on Instagram

Siapa yang bisa menyangkal keindahan alam dan jejak sejarah di kawasan wisata Tirta Gangga? Karena itu, jangan sampai lupa untuk membawa kamera atau peralatan memotret lainnya. Keasrian alam, keunikan tempat wisata, dan pemandangan khas kaki gunung dapat menjadi latar foto instagramable. Berbagai pose kamu dapat lakukan dengan menjelajahi sudut-sudut dan spot-spot foto yang sangat pas menghiasi media sosial. Mulai dari patung khas prajurit di dekat pintu gerbang masuk hingga kolam-kolam jernih dapat dijadikan konten menarik.

6. Wisata Kuliner Restoran Tirta Ayu 

tirta ayu restaurant
Credit Image: booking.com

Puas berenang dan menjelajahi Tirta Gangga, lapar bisa saja tiba-tiba menyerang. Bagaimana kalau kamu tidak membawa persediaan bekal? Tak usah khawatir karena kamu bisa sekalian berwisata kuliner di Restoran Tirta Ayu dalam kawasan Tirta Gangga. Berbagai menu ditawarkan, mulai dari menu western, nusantara, hingga sajian khas Bali dapat dipesan di Tirta Ayu.

Menu favorit restoran ini yang sayang untuk dilewatkan adalah Megibung atau cara makan tradisional masyarakat Bali secara ramai-ramai. Dengan memesan Megibung, pengunjung akan disajikan berbagai lauk-pauk, seperti nasi udang, pepes ikan, sate lilit, sayuran, hingga rendang sapi. Sebaiknya kamu memilih area balkon untuk menikmati santapan tersebut. Sudut tersebut akan memungkinkan kamu memandang keindahan pesona alam di sekitar Tirta Gangga dari ketinggian.

7. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional objek wisata Tirta Gangga ialah mulai Pukul 08.00 hingga 18.00 WITA setiap hari Senin hingga Minggu. Adapun biaya masuknya sangat terjangkau dengan hanya merogoh kocek Rp10.000 per orang. Kalau ingin menikmati pemandian di kolam renang Tirta Gangga, pengunjung cukup menambah Rp6.000 per orang saja.

8. Rute Ke Tirta Gangga

Moda transportasi umum Bali dapat digunakan untuk menjangkau Tirta Gangga. Wisatawan dapat naik bus Trans Sarbagita menuju Batubulan kemudian melanjutkan perjalanan dengan mini bus ke Karangasem. Kalau kamu ingin merental mobil agar bisa memudahkan mobilitas selama berwisata ke Tirta Gangga, jangan ragu untuk memesan jasa rental mobil bali melalui Tripcetera.

Jadi, buruan pesan tiket pesawat ke Bali dan nikmati segarnya berenang di Tirta Gangga Karangasem. Dapatkan juga promo hotel murah di bali yang bisa kamu akses dari sekarang!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *